Connect with us

Gadget

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget yang Harus Kamu Ketahui

Avatar

Published

on

Enterha.com – Gadget merupakan perangkat elektronik dengan teknologi canggih yang saat ini populer dan banyak diminati di kalangan masyarakat.

Saat ini gadget banyak mengambil alih peran besar di dalam kehidupan manusia. Yang mana alat ini dinilai mampu memenuhi kebutuhan manusia, baik dalam pekerjaan, berkomunikasi, bersosialisasi, berinteraksi, hingga untuk sekedar hiburan melepas penat dan lelah.

Mengingat peran dan fungsinya yang sangat membantu bagi kehidupan manusia, tidak heran jika saat ini gadget sudah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi manusia.

Namun tetap saja, kehadirannya tidak terlepas dari dampak positif dan negatif yang ditimbulkan darinya. Agar kita dapat menggunakan gadget dan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini dengan baik dan benar. Perlu untuk memahami beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget.

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget

Keberadaan gadget dalam realitanya menuai dua permasalahan besar. Di satu sisi kehadirannya sangat membantu kehidupan manusia, namun di sisi lain kehadirannya dapat membawa dampak yang buruk bagi kehidupan manusia. Apa saja dampak negatif dan positif dari gadget? Simak penjelasannya berikut ini.

Dampak Positif Penggunaan Gadget

Membantu Berbagai Pekerjaan dan Kebutuhan Manusia

Dampak positif yang pertama dari gadget adalah kehadirannya yang mampu memudahkan setiap pekerjaan manusia.
Di samping itu, kehadiran ponsel pintar dapat membantu manusia memnuhi setiap kebutuhan hidupnya dengan mudah, aman, efektif, dan efisien. Menghemat tenaga dan waktu karena segala sesuatunya bisa dilakukan hanya dari balik layar gadget.
Sebagai contoh, sekarang sudah banyak orang yang lebih memilih berbelanja memenuhi kebutuhan hidupnya lewat internet atau melalui media daring dengan tersedianya beragam toko online.
Tentunya hal ini memudahkan manusia, sehingga tidak perlu bersusah payah keluar rumah, pergi ke toko, lalu membeli barang. Sekarang cukup dengan sekali ketukan, barang yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan tanpa harus capek-capek membuang-buang tenaga dan waktu.

Mempermudah Berkomunikasi dan Berinteraksi dengan Orang Lain

Salah satu fungsi dari gadget ini adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus berada di dalam tempat atau ruang yang sama. Kamu bisa berkomunikasi dengan siapa pun, dimana pun, dan kapan pun. Tentunya hal ini sangat memudahkan manusia untuk membangun interaksi dengan manusia lain.
Tidak hanya melalui pesan, kehadiran gadget juga mampu mempertemukan seseorang lewat panggilan suara dan panggilan video secara real time.
Ditambah adanya banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk bersosial media atau berinteraksi dengan orang lain seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Skype, Line, Telegram, dan lain sebagainya.

Sarana Hiburan yang Positif dan Menyenangkan

Dampak positif lainnya yang bisa kita dapatkan dari gadget ini adalah kehadirannya yang mampu menjadi sarana hiburan seabgai pelepas penat dan lelah.
Di dalam gadget kita dapat menginstal beragam aplikasi yang bersifat menghibur dan bisa kita nikmati di waktu luang seperti game, video, film, buku, musik, dan lain sebagainya.
Semuanya tersedia dengan lengkap di gadget, ada yang gratis dan adapula yang berbayar, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kamu.
Namun dalam penggunaannya haruslah proporsional dan tidak berlebihan, jangan sampai kehadiran gadget sebagai sarana hiburan ini malah membuat kita lalai dan terlena.

Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Timbulnya Sikap Apatis

Penggunaan gadget yang berlebihan, sampai lupa untuk berinteraksi sosial di dunia nyata, menjadikan seseorang memiliki sifat apatis pada lingkungannya.
Ya, Sepanjang hari dalam setiap waktunya yang ia hadapi adalah gadget, gadget, dan gadget hingga lupa bahwa ia hidup di dunia nyata dan perlu untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.
Pernahkah kamu melihat sekelompok anak muda yang sedang berkumpul, namun mereka sibuk dengan gadget masing-masing? Nah, hal tersebut dinamakan dengan sikap apatis. Apatis dapat diartikan sebagai sikap cuek dan tidak peduli terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Tentu hal ini kurang baik karena dapat mengurangi interaksi sosial antar manusia.
Saat seseorang tengah asyik dengan gadgetnya, seperti sedang membuka media sosial, menonton video, atau bermain game, mereka cenderung tidak peduli terhadap dan mengabaikan lingkungan sekitarnya.

Menyebabkan Kecanduan hingga Ketergantungan

Biasanya anak-anak di bawah umur yang sudah mengenal gadget akan terkena dampak negatif darinya berupa kecanduan. Biasanya disebabkan karena game atau permainan-permainan yang bisa didapatkan di gadget tersebut.
Kalau sudah kecanduan, orang akan lupa waktu dan menghabiskan hari-harinya hanya untuk bermain gadget sampai lupa kewajiban dan tanggung jawabnya di kehidupan nyata, seperti beribadah, belajar, bahkan hanya untuk makan saja lupa.
Orang yang sudah kecanduan cenderung akan malas untuk beraktivitas di luar rumah.
Dampak negatif yang satu ini paling banyak kita temui di kehidupan nyata. Sehingga tingkat produktifitas muda-mudi masa kini menurun, mereka lebih asyik membuang-buang waktunya dan melakukan hal yang sia-sia hanya untuk bermain gadget.
Jika kamu berpikir bahwa yang membuat seseorang kecanduan hanyalah rokok dan narkoba, hal itu tidaklah tepat. Ternyata, smartphone juga bisa membuat orang kecanduan. Bahkan di luar negeri seperti Amerika Serikat dan Tiongkok sudah menanggapi hal ini dengan serius. Salah satunya dengan mendirikan pusat rehabilitasi untuk mereka yang kecanduan smartphone.

Tidak Baik untuk Kesehatan

Mungkin hal ini jarang kita sadar, atau bahkan kita masih belum tahu bahwa gadget bisa berdampak buruk pada kesehatan seseorang.
Salah satu dampak negatif bagi kesehatan yang paling umum sering kita temukan adalah berdampak pada kesehatan mata. Bagi kamu yang tidak bisa mengatur waktu dalam bermain gadget, tentunya hal ini sangat beresiko bagi kesehatan mata.
Ditambah dengan radiasi yang ditimbulkan dari layar gadget yang mana jika hal itu terus menerus digunakan tanpa adanya istirahat akan mengganggu kesehatan mata.
Lebih parah lagi, radiasi yang ditimbulkan dari smartphone dapat memepengaruhi dan berdampak buruk bagi kesehatan otak.
Mulai saat ini kamu harus menggunakan gadget dengan bijak dan tidak berlebihan agar terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan darinya.
Cari tahu lebih banyak seputar gadget dan teknologi agar wawasan kamu terhadap teknologi menjadi terbuka, sehingga kamu bisa memilah dan memilih mana yang baik bagi kamu dan mana yang buruk untuk dilakukan.
Kamu dapat mencari tahu seputar teknologi, gadget, dan android secara lengkap di situs Serbarena.com.
Baca Juga :  Tips Menggunakan Sosial Media Secara Bijak
Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Adi Selamet

    March 25, 2020 at 10:04 am

    Gadget memang diciptakan untuk mempermudah dan mempercepar komunikasi. Perilaku orang yang kecanduan membuat mereka menjadi apatis, antisosial bahkan parahnya, tidak ingat Tuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending