Connect with us

Review

Kelebihan Penggunaan UFS Pada Smartphone Android

Avatar

Published

on

penggunaan ufs pada smartphone

Kalau PC atau Laptop punya SSD

Smartphone punya UFS

Sama halnya seperti user PC yang sudah merasakan bagaimana enaknya pakai SSD, yang udah pernah nyobain HP UFS pasti malas balik ke eMMC. Ditambah lagi eMMC gak awet sering jebol kalau suka ganta-ganti ROM.

Untuk yang sering mengalami bunyi “teeeet teeeet” saat bermain game, mungkin anda butuh UFS

UFS sangat jarang dibahas oleh reviewer- reviewer smartphone besar sekalipun. Padahal, kecepatan smartphone tidak hanya ditentukan oleh besarnya kecepatan CPU dan RAM, namun chip memori internal dalam proses baca tulis juga turut berperan besar dalam kenyamanan penggunaan seperti multitasking, buka tutup aplikasi, kecepatan loading aplikasi/game.

Umumnya sebuah smartphone umumnya menggunakan sistem penyimpanan eMMC, UFS hanya terdapat pada smartphone kelas flagship saja. Lalu apa perbedaan mendasar antara keduanya dalam hal kecepatan?

Umumnya sebuah smartphone umumnya menggunakan sistem penyimpanan eMMC, UFS hanya terdapat pada smartphone kelas flagship saja. Lalu apa perbedaan mendasar antara keduanya dalam hal kecepatan?

Apakah eMMC itu?

eMMC, atau embedded Multi-Media Card atau juga embedded Multi-Media Controller merupakan sebuah media penyimpanan NAND flash memory untuk aplikasi mobile yang saat ini mendominasi di beberapa perangkat elektronik, termasuk tablet, smartphone, sistem GPS, eReader, dan perangkat komputasi mobile lainnya.

Sebagai sirkuit controller/interface untuk membantu memilah proses dan meningkatkan kinerja, teknologi eMMC 5.1 menjadi standar memori saat ini diterbitkan oleh JEDEC pada 2015.

Kemudian, Apakah UFS itu?

Dalam istilah yang paling sederhana, UFS atau Universal Flash Storage adalah standar baru generasi terdepan untuk teknologi penyimpanan tercepat di dunia saat ini. Teknologi UFS 3.0 yang baru ini adalah yang tercepat yang memenuhi kompatibilitas JEDEC.

Baca Juga :  Review Spesifikasi BB Z30 : Sudah Ada NFCnya Keren!

Penyimpanan UFS 1.0 diumumkan pertama kali pada tahun 2011, dan 2013 membawa kita versi 2.0 yang 4 kali lebih cepat dari sebelumnya. Pada tahun 2015, UFS memperkenalkan versi 2.1 yang untuk pertama kalinya hadir di Samsung Galaxy S6. Saat ini, UFS 3.0 terbaru telah digunakan di OnePlus Pro, dan juga pada smartphone high-end lainnya seperti Samsung Galaxy S10, Blackshark 2, ROG Phone 2 dan Oppo A3s.

Seberapa Cepat eMMC Berbanding UFS?

UFS dimaksudkan untuk menjadi pengganti eMMC, teknologi penyimpanan yang lebih tua meski masih banyak digunakan. eMMC memang lebih murah dan mudah diterapkan, tapi ini jauh lebih lambat baik secara teori maupun dalam praktik.

Secara substansial, UFS menawarkan peningkatan proporsi memori berkapasitas tinggi. Ada dua faktor utama yang berkontribusi untuk ini.

  • Pertama, UFS memiliki interface serial terpisah yang didedikasikan untuk proses baca dan tulis yang didasarkan pada LVDS (Low-Voltage Differential Signaling) yang memungkinkannya dapat berinteraksi dalam dua arah (full duplex), sehingga UFS dapat membaca dan menulis secara bersamaan. Sedangkan eMMC memiliki antarmuka paralel yang hanya dapat mengirim data dalam satu arah pada satu waktu, yang artinya dapat membaca atau menulis tidak pada waktu yang sama.
  • Kedua, memori UFS menggunakan “Command Queue (CQ),” teknologi yang mempercepat kecepatan eksekusi perintah melalui interface serial, yang secara signifikan meningkatkan kecepatan pengolahan data dibandingkan dengan standar eMMC berbasis interface paralel 8-bit.

Hasilnya, memori UFS mampu melakukan 19.000 operasional Input/Output Per Scond (IOPS) untuk membaca secara acak, yaitu 2,7 kali lebih cepat dari memori tertanam yang paling umum untuk smartphone saat ini, yaitu eMMC 5.1. Memori ini juga mampu membaca dan menulis secara berurutan dengan kinerja yang ditingkatkan menjadi setara SSD, namun dengan penurunan 50% dalam konsumsi energi.

Baca Juga :  Review Spesifikasi Blackberry Q10 Tahun 2020

Selain itu, kecepatan baca acak 12 kali lebih cepat dibandingkan dengan kartu memori berkecepatan tinggi yang umum (yang berjalan pada 1.500 IOPS), dan diharapkan untuk lebih meningkatkan kinerja sistem dimana perangkat bisa melakukan proses booting dengan lebih cepat, menawarkan respon yang cepat untuk penyimpanan flash data input/output, tiga kali lebih cepat melakukan file copy, dan tiga kali kemampuan multitasking.

Sebagai contoh, Realme 3 Pro dan Realme 5 Pro

Spesifikasi 2 smartphone itu beda tipis snapdragon 710 dan 712.

Tapi Realme 5 Pro menggunakan internal tipe UFS 2.1 yang feel multitasknya berbeda jauh dengan Realme 3 Pro yang masih pakai eMMC, feel multitasknya, kecepatan buka tutup aplikasinya mungkin sama kyk pake iPhone. UFS 2.1 sudah lebih dari cukup untuk sekarang dan mudah dijumpai di smartphone 2-3jtaan, seperti realme 5 pro, redmi note 8 pro.

Continue Reading
Advertisement
5 Comments

5 Comments

  1. Avatar

    Rifki Kuntoro aldi

    March 24, 2020 at 2:01 pm

    Baru tau aku kalau ada teknologi canggih yang bernama ufs dan juga kelebihan ufs untuk smartphone merupakan trobosan teknologi terbaru nih.

    • Avatar

      ENTERHA

      March 24, 2020 at 2:13 pm

      Iya gan, itupun baru beberapa smartphone saja yang sudah menggunakan UFS. UFS lebih ringan dan hemat daya gan, dan juga tidak cepat rusak.

  2. Avatar

    ojoj xperience

    March 25, 2020 at 12:33 pm

    Waah baru tau ufs itu apa, ternyata saingannya emmc ya gan. thanks gan ilmuku bertambah lagi.

    • Avatar

      ENTERHA

      March 25, 2020 at 2:23 pm

      Bukan saingan sih, generasi penerus, atau produk yang lebih bagus lebih tepatnya. Terimakasih sudah mampir gan.

  3. Avatar

    ปั้มไลค์

    July 14, 2020 at 7:09 am

    Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review

Review Spesifikasi BB Priv : Sliding Layar Edge Curved

Avatar

Published

on

By

Review Spesifikasi BB Priv

Enter The Game. Dont afk – Apabila Anda mampir membaca artikel ini karena sedang mencari info tentang blackberry priv bekasharga blackberry priv 2020 atau kelebihan dan kekurangan blackberry priv, maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan beberkan berbagai info tentang BB Priv, jadi, silahkan baca artikel Review Spesifikasi BB Priv sampai selesai.

Bagian Umum

Blackberry Priv atau yang juga dikenal dengan BB Priv ini mulai direlease sekitar bulan November tahun 2015, memang sudah cukup lama, namun jangan salah, banyak penggemar HP ini yang masih memburunya lho.

Sebelumnya Blackberry keras dalam menggunakan OS smartphone miliknya, pokoknya harus dengan OS Blackberry, namun berbeda dengan BB priv ini. Ternyata HP ini oleh Blackberry dipasangi dengan OS Android, manarik bukan.

Layar dan Kamera

Bisa dibilang smartphone yang satu ini cukup panjang, dan besar mungkin, hal tersebut karena BB Priv punya layar lega seukuran 5,4 inchi, ditambah lagi dengan ruang keyboard fisik dibawah layar, serta bezel pada bagian atas layar dan bawah keyboard yang cukup lebar.

BB Priv mengusung konsep sliding layaknya hp era dulu. Meski begitu BB Priv sudah dilengkapi dengan layar sentuh ditambah keayboard fisik QWERTY.

Sekarang mari bahas satu persatu bagian depan HP ini. Dari atas ada sebuah kamera selfie dengan resolusi 2 MP, kamera tersebut dapat membuat video sampai dengan 720 pixel.

Segala yang dilakukan user dengan smartphone tersebut, dapat terdisplay dengan baik berkat layar AMOLED capacitive touchscreen, yang berukuran 5,4 inchi, 81.6 cm persegi (~71.9% screen to body ratio), dimana layar tersebut mampu menampilkan resolusi sampai 1440 x 2560 pixels, dan untuk lebih memantapkan perlindungan layar tersebut BB Priv sudah mengadopsi Corning Gorila Glass 4.

Sekarang, mari kita beralih ke bagian belakang BB Priv. Pada bagian atas ada kamera utama dengan resolusi 18 MP, dimana kamera ini sudah mampu mengadopsi fitur Schneider-Kreuznach optics, dual-LED dual-tone flash, dan HDR, serta panorama.

Adapun video yang mampu dihasilkan oleh kamera dengan resolusi 18 MP tersebut adalah video dengan resolusi 2160 pixel, pada bukaan 30 fps, atau resolusi 1080 pixel pada bukaan 60 fps, jadi silahkan setting video seperti apa yang akan Anda buat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi An Error Has Occured While Updating Device Samsung

Dapur Pacu BB Priv

Baik, sekarang pembahasan kita beralih ke bagian Dalam BB Priv. Untuk menjamin performa BB Priv, BB mempersenjatainya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 808, kemudian CPU Hexa-Core sera GPU Adreno 418. Sedangkan RAM yang digunakan HP ini adalah 3GB.

BB Priv sudah dibekali dengan memori internal yang cukup lega, yakni 32 GB, walaupun demikian, apabila Anda masih merasa kurang, Anda bisa menambahkan memori eksternal, karena HP ini sudah menyediakan slotnya.

Sekalipun ini adalah Blackberry, rupanya OS yang digunakan adalah Android, yakni Android 5.1.1 (Lollipop), up to 6.0.1.

BB Priv juga sudah mendukung Wi-Fi, potable hotspot, bluetooth, GPS, micro USB, dan lagi-lagi BB yang satu ini sudah dilengkapi dengan NFC, yang mana ini sangat berguna  saat ini, kerena sudah banyak orang menggunakan e money serta e wallet.

Tetapi, pada HP ini tak dijumpai radio, entah mengapa HP semahal ini tak didesain ada radio didalamnya, saya sendiri sih jarang banget menggunakan smartphone untuk mendengarkan radio, tapi bagi yang suka mendengarkan radio menggunakan smartphone tentu berpikir ulang ketika akan membeli HP ini.

Kemudian sensor, sensor yang ada pada BB Priv sudah terbilang cukup lengkap, karena ada Accelerometer, altimeter, gyro dan ToF proximity serta compass.

Untuk mendukung semua aktifitas user menggunakan HP ini, baterai dengan kapasitas 3410 mAh sudah ditanam didalamnya, bisa dibilang baterai ini tak besar banget, tapi sudah sangat memadahai untuk aktivitas harian.

Oh ya, satu lagi, HP ini sudah didukung dengan fitur fast charging.

Harga BB Priv

Untuk mengetahui berapa harga BB Priv saat ini, saya coba berkunjung ke marketplace, dan hasilnya, ada toko yang membandrol BB priv di harga Rp 1.950.000,-, kemudian juga ada yang melabelinya Rp 4.750.000,-, bahkan ada juga yang membandrol HP tersebut di harga Rp 5.750.000,-.

Karena perbedaan harga yang begitu signifikan, apabila Anda bermaksud membeli BB priv, maka baiknya Anda harus pastikan dahulu, bahwa barang yang akan Anda beli itu sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

Sepertinya artikel ini sudah cukup panjang, sekian review BB Priv ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Sekian, terimakasih dan sampai jumpa diartikel yang lainnya.

Baca Juga :  Review Spesifikasi Blackberry Q10 Tahun 2020
Continue Reading

Review

Review Spesifikasi BB Evolve X : OS Android Spek Gahar

Avatar

Published

on

By

review spesifikasi bb evolve x

Review Spesifikasi BB Evolve X – Apabila Anda sedang mencari informasi tentang harga bb evolve x 2020 atau blackberry evolve x indonesia, maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan membahasa tentang Review Spesifikasi BB Evolve X, selengkapnya, silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Bagian Umum

Sejak Blackberry Aurora, rupanya BB mulai doyan menggunakan platform Android, salah satunya adalah yang dipakai oleh Blackberry Evolve X yang direlease pada bulan Agustus 2018 yang lalu.


Pada BB Evolve X juga sudah tidak menggunakan keypad fisik, namun semua sudah digital, jadi HP ini lebih terkesan “modern”, sekalipun masih ada bezel pada bagian atas dan bawah yang cukup lumayan, maklum saja karena HP ini belum mengusung fitur full view display.

Tapi overall, BB Evole X enak dipandang, apalagi bagi yang suka dengan bentuk kotak-kotak pada bagian siku sudut HPnya, yang mulai jarang ditemui pada HP masa kini.

Layar dan Kamera

BB Evolve X hadir dengan dimensi 159.1 x 76.8 x 8.8 mm dengan berat 170 g, lebih ringan dari pada BB Priv.

Kemudian pada bagian depannya ada layar dengan tipe IPS LCD yang berukuran 5.99 inchi dan memiliki resolusi 1080 x 2160 pixels, serta sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 5.

Kemudian diatas layar ponsel ada sebuah kamera selfie dengan resolusi 16 MP, dan dilengkapi dengan LED flash. Kamera tersebut juga bisa menghasilkan video dengan resolusi 1080 pixel pada bukaan 30/60 fps.

Lalu pada bagian belakang, ada 2 buah kamera, yakni 12 MP dan 13 MP ( 2 x optical zoom), dimana 2 buah kamera pada bagian belakang ini sudah mendukung fitur HDR dan panorama.

Tak begitu jauh dengan letak kamera utama, ada dua buah LED flash, yang akan membantu Anda menggambil gambar atau foto ketika membutuhkan cahaya lebih.

2 buah kamera tersebut mampu menghaslkan video dengan resolusi 1080 pixel pada bukaan 30/60 fps.

Baca Juga :  Review Spesifikasi BB Aurora : RAM Besar Sudah Android

Dapur Pacu

Saatnya kita mereview spesifikasi bb evolve X. BB Evolve X dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660, dan CPU Octa Core, serta GPU Adreno 512.

Disamping itu, untuk menyediakan performa yang higspeed, BB Evolve X memberikan RAM 6 GB, sebuah ukuran yang cukup besar, bahkan untuk saat ini.

Kemudian untuk menyimpan berbagai data atau foto dan video jepretan Anda, HP ini sudah menyediakan memori internal sebesar 64 GB, dan apabila kurang, Anda bisa menambahnya sendiri, karena sudah ada slot memori eksternalnya.

Bluetooth juga sudah ada di HP ini, GPS, Radio FM dan USB type C bahkan sudah ada di HP ini, dimana USB type C untuk HP jaman sekarang pun belum semuanya pakai. Namun sepertinya HP ini belum dilengkapi dengan NFC, padahal BB sebelumnya, seperti BB Priv sudah dilengkapi dengan NFC.

Untuk kelengkapan sensor, HP ini sudah dilengkapi dengan fingerprint, accelerometer, gyro dan proximity serta compass, cukup standart dan lengkap karena ada finger printnya.

Untuk baterai, rupanya BB sudah belajar, karena HP ini dibekali dengan baterai yang cukup besar, yakni 4000 mAh, bahkan untuk saat ini, baterai dengan kapasitas ini sudah lumayan besar.

Dimana HP ini juga sudah mendukung fitur fast charging 18 W serta wireless charging, benar-benar kaya fitur HP ini.

Harga BB Evolve X

Saat pertama kali diluncurkan, BB Evolve X dibandrol dengan harga 7,5 jutaan, sekarang Saya sediri belum menemukan harga asecondnya berapa.

Bagi Anda yang akan membeli BB Evolve X, ponsel ini hanya menyediakan 1 pilihan warna, yakni black.

Smartphone ini cocok sekali bagi Anda yang mengutamakan kemanan dalam menggunakan gadget. Kemudian sekit tips dari saya sebelum megakhiri artikel ini, jika Anda hendak membeli BB Evolve, pastikan barang yang Anda beli dengan yang ditawarkan oleh penjual itu sama, hati-hati penipuan.

Baca Juga :  Review Spesifikasi BB Passport 3/32 GB

Spesifikasi BB Evolve X

JARINGAN   
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Bandwidth

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)

HSDPA 900 / 2100

LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 40(2300), 41(2500)

HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat12 600/150 Mbps

SIM Card Single SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
UMUM  
Diumumkan Agustus, 2018
Dimensi 159.1 x 76.8 x 8.8 mm (6.26 x 3.02 x 0.35 in)
Bobot 170 g (5.93 oz)
Warna Hitam
LAYAR  
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.99 inches, 92.6 cm2 (~75.8% screen-to-body ratio) [] 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~403 ppi density)
Multitouch Ya
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Proteksi Corning Gorilla Glass 5 [] Glass front (Gorilla Glass 5), plastic/aluminum back, aluminum frame (7000 series)
MEMORI  
Internal 64 GB, eMMC 5.01, 6 GB RAM 
Eksternal microSDXC (uses shared SIM slot)
PLATFORM  
OS Android 8.1 (Oreo)
Chipset Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 512
KAMERA  
Utama (D!ual) 12 MP, f/1.8, 1/2.8″, 1.29µm, PDAF [] 13 MP, f/2.6, 1/3.4″, 1.0µm, 2х optical zoom, PDAF
Lampu Kilat Ya, LED flash
Fitur Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video Ya, 1080p@30fps
Depan 16 MP, f/2.0, (wide), 1/3.1″, 1.0µm, 1080p@30/60fps, LED flash
KONEKTIVITAS  
Bluetooth Ya, 5.0, A2DP, LE
USB Ya, 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
3.5mm Jack Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 а/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFC Ya
LAIN-LAIN  
Musik Ya, MP3/eAAC+/WAV/Flac/Ogg/M4A/WMA
Radio Ya, FM radio, RDS
GPS Ya, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, SBAS
Water Resistant No
BATERAI  
Jenis Non-removable Li-Ion 4000 mAh battery
Fast Charge Fast charging 18W [] Quick Charge 3.0 [] USB Power Delivery 2.0 [] Wireless charging
Waktu Bicara – 
Waktu Siaga – 
Baca Juga :  Pengalaman Menggunakan BB Z10 di Tahun 2020
Continue Reading

Review

Review Spesifikasi BB Passport 3/32 GB

Avatar

Published

on

By

review spesifikasi bb pasport

Apabila Anda sedang mencari info tentang bb passport androidbb passport bekas, atau harga bb passport 2020, maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan bahas Review dan Spesifikasi BB Passport, jadi silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Bagian Umum

Hadir dengan design ala Blackberry Classic, Blackberry Passport atau yang dikenal dengan BB Passport, merupakan ponsel keluaran Blackberry pada tahun 2014, diluncurkan di Indonesia sekitar bulan sepetember 2014.

Dimasanya, ponsel ini diungul-ungulkan karena kecanggihan dan fitur keamanan yang diklam oleh Blackberry jempolan.

Pada masanya, HP ini sudah cukup canggih, karena sudah mengusung teknologi 4G, jadi tak perlu khawatir untuk akses internet dengan HP ini.

Penampakan BB Passport Pertama kali ketika memegang HP ini, pada bagian depan Anda akan disuguhi dengan keyboard fisik qwerty, yang cukup besar dibawah layar utama. Di tahun itu mungkin keren, tapi kalau sekerang, HP yang punya keyboard fisik seperti itu akan terlihat unik.

Layar dan Kamera BB Passport

Diatas keyboard fisik qwerty ada layar dengan tipe IPS LCD capacitive touch screen yang berukuran ukuran 4.5 inches, 65,3 cm persegi (~56,35% screen to body ratio), dengan resolusi 1440 x 1440 pixels, jadi layarnya akan tampak kotak (persegi gitu), panel layar BB Passport juga sudah menggunakan Corning Gorila Glass 3.

Tepat diatas layar lebar, BB Pasport punya kamera selfie dengan resolusi 2 MP, f/2.8, 28 mm (wide), kamera tersebut juga bisa menangkap video dengan resulosi sampai 720 Pixel.

Pada bagian belakang BB Pasport, ada sebuah kamera utama dengan resolusi 13 MP (F/2.0, 30 mm (standard), AF, OIS), dimana kamera tersebut sudah medukung HDR dan foto panorama, tak ketinggalan, beserta kamera utama ada LED flash.

Kamera 13 MP tersebut mampu menangkap video dengan output sampai dengan 1080 pixel pada 60 fps.

Body BB Pasport ini bisa dibilang cukup unik, cukup beda dengan HP lainnya, karena BB ini punya dimensi 128 x 90.3 x 9.3 mm, dengan berat 196 gram, apabila dipegang bakalan cukup “mantap”, walaupun agak lebar, tapi hal tersebut sebanding karena layar akan sangat lega.

BB Pasport ini dijejali dengan chipset Qualcomm MSM8974AA snapdragon 801, lalu CPU Quad-core 2.26 GHz krait 400, dan GPU Adreno 330, serta RAM 3 GB.

Baca Juga :  Review Spesifikasi Blackberry Z10 : Masih Worth it di 2020

Dapur Pacu BB Passport


BB Pasport juga sudah dilengkapi dengan memori internal sebesar 32 GB, dengan begitu aktivitas Anda dalam membuat video maupun foto atau kerjaan lainnya bisa dtitampung dengan baik. Apabila masih kurang, Anda bisa menambahkan micro SD, karena disana sudah ada slot kosong untuk memori eksternal.

HP ini juga sudah mendukung Wi-Fi dan portable hotspot, serta juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth, GPS, Radio, Micro USB dan NFC (luar biasa, fitur ini dijaman e money sangat amat dibutuhkan, lebih praktis).

Untuk sensor, bisa dibilang sudah cukup lengkap, karena sudah ada accelerometer, gyro, proximity lalu compass.

Oh ya, Hp ini menggunakan platform OS Blackberry 10.3 up to 10.32. Kemudian untuk mendukung berbagai aktivitas Anda menggunakan HP ini, BB Pasport sudah dibekali dengan baterai sebesar 3450 mAh (baterai ini sudah baterai tanam).

NB : Bagian kalian yang suka main gitar, bisa buka blog saya chordbarbar.xyz Kunci Gitar dan Tips Gitar

Harga BB Passport

Saya mencoba cek harga BB Pasport di market place, harganya cukup bervariasi, ada yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 650.000,-, lalu ada juga yang menawarkan di harga Rp 1.500.000,-, bahkan ada juga  yang menawarkan pada harga Rp 6.440.000,-. Harga tersebut saya rasa sesuai dengan review spesifikasi bb passport pada saat itu.

Aapbila Anda tertarik memiliki BB Passport, HP ini sendiri punya 5 pilihan warna, yakni black, white, red, black & gold, dan silver, Anda bisa pilih yang paling sesuai dengan selera.

Yang penting, pastikan ketika Anda hendak membeli HP ini, pastikan betul-betul barang yang akan Anda beli sesuai dengan yang ditawarkan oleh penjual.

Nah itu tadi berbagai info tentang BB Passport, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda, salam sukses dan sampai jumpa ditulisan yang lainnya.

Baca Juga :  Review Spesifikasi BB Aurora : RAM Besar Sudah Android

Spesifikasi Lengkap BB Passport

JARINGAN   
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Bandwidth

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900

HSDPA 850 / 1700 / 1900 / 2100 –  [] HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100

LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900) [] LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 13(700), 17(700), 20(800)

HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps

SIM Card Nano-SIM
UMUM  
Diumumkan Juni, 2014
Dimensi 128 x 90.3 x 9.3 mm (5.04 x 3.56 x 0.37 in)
Bobot 196 g (6.91 oz)
Warna Hitam,  Putih, Merah, Hitam Emas, Silver
LAYAR  
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.5 inches, 65.3 cm2 (~56.5% screen-to-body ratio) [] 1440 x 1440 pixels, 1:1 ratio (~453 ppi density)
Multitouch Ya
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
MEMORI  
Internal 32 GB, Emmc V 5.0, 3 GB RAM 
Eksternal microSDXC (dedicated slot)
PLATFORM  
OS BlackBerry OS 10.3.1, upgradable to 10.3.2
Chipset Qualcomm MSM8974AA Snapdragon 801 (28 nm)
CPU Quad-core 2.26 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
KAMERA  
Utama (Single) 13 MP, f/2.0, 30mm (standard), AF, OIS
Lampu Kilat Ya, LED flash
Fitur LED flash, HDR, panorama
Video Ya, 1080p@30fps
Depan 2 MP, Wide View, 720p@30fps
KONEKTIVITAS  
Bluetooth Ya, 4.0, A2DP, LE
USB Ya, microUSB 2.0 (SlimPort)
3.5mm Jack Ya
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
NFC Ya
LAIN-LAIN  
Musik Ya, MP3/eAAC+/WAV/Flac/Ogg/M4A/WMA
Radio Ya, FM radio, RDS
GPS Ya,  with A-GPS, Glonass
Water Resistant No
BATERAI  
Jenis Non-removable Li-Ion 3450 mAh battery
Fast Charge  –
Waktu Bicara – Up to 18 h (2G) / Up to 23 h (3G)
Waktu Siaga – Up to 432 h (2G) / Up to 444 h (3G)
Baca Juga :  Review Spesifikasi Blackberry Q10 Tahun 2020
Continue Reading

Trending