Sebagai aplikasi chatting yang banyak digunakan dalam skala international, Whatsapp memberikan fitur fitur menarik sebagai aplikasi chatting. Belum lagi ada kabar bahwa whatsapp akan mengahdirkan fitur dark mode / mode malam. Hanya saja fitur dark mode whatsapp belum bisa dinikmati secara global sampai saat ini.

Sebagai aplikasi chatting, whatsapp telah menghadirkan fitur dimana kita bisa menandai beberapa teks dengan efek tertentu. Dengan begitu, pembaca bisa mengetahui inti dari pesan yang disampaikan.

Fitur tersebut adalah, Efek tulisan tebal, miring, dan dicoret yang sudah ada di whatsapp sejak pertama kali rilis. Oh iya, sebagai informasi saja, whatsapp saat ini sudah menjadi bagian dari facebook. Bisa kmau lihat saat membuka whatsapp terdapat tulisan “from facebook”.

Lalu bagaimana cara membuat efek tulisan tebal, miring, dan dicoret di Whatsapp? apakah butuh keahlian script/coding?. Tentu saja tidak, kamu hanya perlu menambahkan beberapa kode singkat saja, yang tentunya mudah dihafal. Berikut tutorial lengkapnya.

Membuat Efek Tulisan Tebal

Efek tulisan tebal berguna untuk chat yang mengandung subheading, atau subbagian dari judul pesan. Misalnya kamu membuat chat tentang tutorial. Bisa juga untuk menandai teks yang paling urgen yang ada di chat tersebut.

  1. Bisa dibagian chating, atau saat membuat sebuah history
  2. ketikkan tanda bintang di awal dan akhir teks yang ingin ditebalkan. Contoh : *Cara Menanak Nasi*
  3. Teks akan otomatis tebal setelah kamu mengetikkan tanda bintang di akhir teks

Membuat Efek Tulisan Miring

Saya sendiri belum terlalu paham fungsi membuat teks menjadi miring di pesan whasapp. Namun dalam penulisan artikel, teks miring digunakan untuk menandai teks yang bukan bahasa indonesia (jika kita menulis artikel dalam bahasa indonesia). Berikut caranya :

  1. Bisa digunakan di bagian pesan ataupun history
  2. Tambahkan kode underscore diawal dan akhir teks yang ingin ditandai. Contoh : _conectivity_
  3. Secara otomatis teks akan miring setelah kamu mengetikkan tanda underscore di akhir teks

Membuat Efek Tulisan Dicoret

Efek tulisan dicoret atau strikethrough di whatsapp berfungsi untuk menandai teks yang salah, atau jika kamu mempromosikan produk, efek dicoret bisa digunakan untuk menandai harga produk yang sedang diskon. Berikut caranya :

  1. Bisa digunakan di bagian perpesanan atau di history whatsapp
  2. Tambahkan kode tilde atau gelombang (~) di awal dan di akhir teks. Contoh : ~1.500.000~
  3. Setelah kamu mengetikkan kode tilde di akhir teks, teks otomatis menjadi tercoret.

Kamu juga bisa menggabungkan ketiga efek tersebut dalam satu teks. Misalnya ada ingin membuat sebuah teks dengan efek tebal, miring, dan dicoret. Kamu tinggal menambahkan kode tersebut di awal dan di akhir teks. Contoh : _~*Tulisan Miring, Dicoret, dan Tebal*~_

Nah, itulah sedikit tutorial dari saya, semoga bermanfaat dan mudah diterapkan, semoga berhasil, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

One thought on “Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, dan Dicoret di Whatsapp”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *