Connect with us

Inspirasi

Motivasi untuk Senantiasa Melakukan Kebaikan dalam Hidup

Avatar

Published

on

Kebaikan yang kamu lakukan saat ini akan mengubah masa depanmu menjadi lebih baik.

Di dunia ini segala sesuatunya memiliki hubungan sebab-akibat. Jika apa yang kita lakukan selama ini baik, maka kebaikanlah yang akan kita dapatkan, namun sebaliknya, apabila yang kita lakukan selama ini buruk, maka keburukan pula lah yang akan kita dapatkan.

Meskipun kebaikanmu tidak dihargai, janganlah menyerah. Melakukan kebaikan yang tidak dihargai tetap lebih mulia, daripada tidak melakukan apa pun.

Dunia tidak akan pernah memuji kita untuk hal-hal baik yang pernah kita lakukan bahkan hingga jutaan kali kebaikan, tetapi dunia akan mengkritik dan menertawakan kita untuk sebuah kesalahan yang kita lakukan atau perbuat. Tapi janganlah berkecil hati, teruslah bangkit di atas tertawaan dan berbagai kritik yang datang menimpa. Kuatkanlah hati kita, karena apa yang kita lakukan pada hakikatnya tetap lebih mulia.

Tersenyum dihadapan hinaan adalah kemampuan jiwa baik yang menyerahkan kemuliaannya kepada Tuhan.

Mungkin akan sangat berat bagi kita untuk menerima perlakuan buruk orang lain dengan lapang dada, bahkan membalasnya dengan perlakuan yang baik. Kebanyakan dari kita malah akan membalas keburukan dengan keburukan kembali.

Jika kita ingin memperhalus hati dan jiwa kita, jika kita ingin memperoleh kemuliaan dari Allah Swt. maka tidak ada salahnya jika kita berusaha membalas setiap perlakuan buruk orang lain dengan kebaikan.

Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.

Jika kita selalu berfokus untuk membalas perlakuan buruk orang lain dengan balasan yang sama, maka bisa dipastikan tidak ada bedanya antara diri kita sendiri dengan orang lain yang memperlakukan kita dengan buruk.

Maka dari itu, sebagai manusia yang berusaha untuk melakukan hal baik dalam hidupnya haruslah memahami ini, balas dendam terbaik adalah menjadikan diri kita sendiri menjadi manusia yang lebih baik lagi. Hal itu akan menguntungkan bagi diri kita sendiri.

Jadilah orang yang bermanfaat. Jika tidak bisa, jadilah orang yang menyenangkan. Jika tidak bisa juga, minimal jadilah orang yang tidak merugikan.

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. namun ketika kita belum bisa menjadi manusia, maka sebaiknya kita memposisikan diri kita sebagai orang dapat menyenangkan bagi orang lain, yang kehadirannya dirindukan orang lain, bukan malah dijauhi dan dibenci orang lain karena perlakuan kita.

Ketika kita tidak mampu menjadi orang yang dapat menyenangkan orang lain, makan jangan posisikan diri kita sebagai orang yang merugikan orang lain. sebagai upaya minimal menjadikan diri kita manusia yang baik, kita harus memaksimalkan diri untuk tidak merugikan orang lain.

Continue Reading
Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Avatar

    Adi Selamet

    July 31, 2020 at 4:38 pm

    Tetap berbuat baik walau dianggap pura-pura oleh orang lain karena Allah pasti membalas setiap perbuatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending