Enterha.comSaat seseorang berada di kelas akhir sekolah lanjutan tingkat atas, baik itu SMA/SMK/MA, bukan berarti perjuanganya di dunia pendidikan telah berakhir. Selain bekerja, mereka bisa melanjutkan pendidikan di universitas.

Selain untuk memantapkan ilmu, juga agar kesempatan mendapatkan pekerjaan yang layak lebih luas.

Meski demikian, masuk universitas bukanlah hal yang mudah. Dari mulai proses tes masuk bagi yang menggunakan jalur SBMPTN, suasana perkuliahan, hingga berakhir dengan penulisan skripsi yang cukup menyita waktu dan pikiran.

Karena itu, tak sedikit mahasiswa/i yang putus kuliah di tengah jalan, atau lebih sering disebut DO (DROP OUT). Selain faktor biaya, penyebab lainya adalah kesalahan saat memilih jurusan.

Mereka cenderung tersiksa, dan tidak mampu melanjutkan studinya. Untuk menghindari hal tersebut, saya akan berbagi tips agar Anda tidak salah mengambil jurusan perkuliahan.

Temukan Passion

Sebelum memilih jurusan, coba tanyakan pada diri Anda sendiri “Apa minat saya sebenarnya?”. Contoh, Anda memiliki ketertarikan di bidang komputer. Coba tes, apakah Anda mampu membaca buku seputar “Komputer/Algoritma” berjam-jam tanpa merasa bosan dan terpaksa? Justru Anda akan tertarik dan merasa tertantang dengan buku tersebut. Jika ya, itulah minat Anda sebenarnya.

Ini sangat penting karena kuliah bukan hanya satu atau dua bulan. Tapi bertahun-tahun. Akan sangat sulit jika Anda mengambil jurusan yang tidak diminati. Karena, diri akan merasa terpaksa dan tidak nyaman.

Jurusan saat di SMA juga tidak menentukan jurusan di perkuliahan. Meskipun Anda anak IPS, tapi memiliki minat di bidang Biologi, disarankan untuk masuk jurusan SAINTEK.

Baca Juga :  Tips Lulus SBMPTN dengan Nilai Maksimal

Ikuti kata hati kecil Anda, mau masuk jurusan apa. Pikirkan secara matang dan sempurna. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Jangan Ikut-Ikutan

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa ikutilah kata hati dan minat Anda. Jangan sampai Anda memilih jurusan karena ajakan teman/sahabat. Meskipun mereka bilang “Masuk jurusan Ekonomi aja, bareng sama gue”. Atau “Masuk Akuntansi aja, nanti gue bantu”.

Ingat, yang mau kuliah bukan teman/sahabat, tapi Anda sendiri. Pilihlah jurusan sesuai minat dan kemampuan.

Jika Anda ikut-ikutan jurusan yang kurang diminati diri sendiri, kedepanya akan sulit.

Lihat Prospeknya di Masa Depan

Saat Anda selesai kuliah, beberapa ada yang menciptkan lapangan pekerjaan sendiri. Yang lainya, pasti ingin bekerja dan mendapatkan uang. Nah, karena itu sebelum masuk kuliah pikirkanlah pekerjaan apa yang akan Anda dapat saat selesai kuliah.

Contoh sekarang di era gadget, pekerjaan yang dibutuhkan adalah programer. Baik itu mobile atau desktop. Nah, orang yang mengambil jurusan Teknik Informatika atau Rekayasa Perangkat Lunak pasti akan mudah memasuki bidang ini.

Namun begitu, jangan sampai Anda memilih jurusan hanya karena pekerjaan di masa depan. Tetaplah ambil jurusan sesuai minat dan kemampuan Anda. Hal ini hanya sebagai bahan pertimbangan saja.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Selain minat, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemapuan diri Anda. Coba cari tau mata pelajaran apa yang paling Anda kuasai, mata pelajaran apa yang meskipun belajar berlama-lama tidak pernah merasa bosan.

Contoh, Anda memiliki minat di bidang IPA, dan memiliki kemampuan yang cukup di bidang Perhitungan. Anda bisa mencoba mengambil jurusan FISIKA/KIMIA.

Hal ini penting, agar Anda sanggup mempelajari materi perkuliahan dan kuliah tidak tertekan.

Baca Juga :  Pentingnya Penididikan Karakter untuk Anak

Minta Saran

Jika Anda tidak mampu menentukan sendiri, cobalah meminta saran dari orang lain atau orang-orang terdekat.

Keluarga dan orang tua adalah tempat terbaik meminta nasehat. Mereka pasti akan mengarahkan Anda ke jalan yang terbaik.

Jangan ragu untuk meminta saran dari orang lain, karena terkadang orang lain lebih tahu keunggulan Anda dari apa yang mereka lihat sehari-hari mengenai diri Anda.

Boleh jadi orang lain lebih berpengalman dan lebih tahu mengenai pemilihan jurusan kuliah, mereka lebih tahu bagaimana prospek sebuah jurusan untuk masa depan yang perlu Anda pertimbangkan baik-baik.

One thought on “Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Masuk Kuliah”

  1. Wah iya, betul min.. Emang harus mengikuti apa yang kita sukai, dari pada nanti udah masuk kuliah malah ngerasa salah jurusan, kan yaa lucu jadinya..

    Kalo aku pribadi sih interested banget sama pengembangan diri dan self development dan yaa tentang pikiran serta kejiwaan manusia gitu lah.

    karena itu Tahun ini aku mau kuliah ngambil jurusan Psikologi, doakan min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *