sharp sh04h
Review smartphone docomo memang tak ada habisnya ya, hp docomo kini menjadi incaran banyak penggemar smartphone buatan jepang. Hp-hp buatan jepang memang terkenal kuat dan tahan lama baik hardware maupun softwarenya. Saya sendiri termasuk pecinta smartphone buatan jepang baik yang versi global, docomo, ataupun softbank.
 
Nah kali ini saya mau mereview smartphone docomo lagi nih, yaitu sharp aquos sh04h, hp ini pernah menjadi hp docomo impian lo di group group sharp aquos, dengan harga yang relatif murah, tapi sudah mendapatkan spek yang cukup bagus.

Daftar Isi

Sensor dan Jaringan

Layaknya smartphone pada umumnya, sharp aquos sh04h hadir dengan jaringan 4g lte, dengan rentang jaringan LTE 800, 1500, 1700, 2100. Di jarinagn tersebut kamu sudah bisa menggunakan semua kartu gsm indonesia kecuali smartfren gsm.
 
Sharp aquos sh04h juga sudah dilengkapi sensor finger print yang diletakkan di sebelah kanan layar yang berdekatan dengan tombol power. Selain itu, sharp aquos sh04h juga sudah dilengkapi dengan fitur NFC yang dapat digunakan untuk mengrim file ataupun mobile payment.
 
Dibagian kamera, hp ini dilengkapi dengan sensor kamera sebesar 22.6 MP, dengan resolusi 5488×4112 dengan tambahan LED flash. Sensor kamera memiliki fitur OIS Optical Image Stabilization, dan mempunyai bukaan aperture f/1.9 dengan focal length 35mm-22mm. Untuk mengambil video hanya mampu pada 30 fps saja dengan resolusi 2160p. Dan kamera depan sebesar 5mp, dengan hasil tangkapan video 720p@30fps.

Dapur Pacu

Dengan layar selebar 5.3 inch dengan resolusi 1080×1920 (416ppi), hp ini menggunakan jenis layar IGZO yang sudah menjadi ciri khas smartphone aquos yang dinilai ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan mata. Juga dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 4.
 
Sharp aquos sh04h release dengan versi android 6 marsmallow, dengan dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 820 MSM8996 (64-bit). Dengan CPU Quad Core 2.2GHZ, kryo. Bagi saya Quad Core mungkin kuirang bagus di era sekarang, dimana rata rata hp dengan spesifikasi seperti ini sudah dibekali cpu Octacore ataupun Hexacore.
 
Kabar baiknya adalah sharp aquos sh04h sudah dibekali Gpu Adreno 530 @624Mhz yang sudah sangat bagus dalam mengolah grafik. Ditambah lagi kehadiran RAM 3gb membantu hp ini lebih muda untuk melakukan multitasking ataupub bermain game. Dengan internal sebesar 32GB kamu bisa menginstall banyak aplikasi dan game di hp ini.

Tidak Cocok Buat Game?

Dengan spesifikasi seperti di atas harusnya hp ini sudah bisa melibas banyak game game hd, namun sayangnya sharp aquos sh04h masih menggunakan cpu seri 820, dimana seri qualcomm 800 keatas sering banget terjadi overheat ketika bermain game berat.
 
Ketika saya coba untuk main game PUBG di match pertama mungkin aman-aman saja, namun di match kedua dan seterusnya ketiak hp mulai panas berlebih mulailah terjadi drop frame yang sangat mengganggu permainan.
 
Namun untuk game sekelas free fire dan Mobile legend, hp ini bisa melibas game tersebut dengan baik tanpa terjadi drop frame ataupun lagging. Namunn untuk urusan panas berlebih memang tidak bisa dihindarkan. Karena memang sudah menjadi ciri khas CPU Qualcomm Seri 800 keatas.
 
Secara keseluruhan, hp ini worth it lah dengan harga sekitar 750 ribuan (tahun tahun kemarin harganya masih 950 ribuan). Dan kendala utama hp ini adalah panas yang tidak bisa dihindarkan. Dan salah satu cara untuk mengurangi panas tersebut adalah dengan debloatware aplikasi yang tidak digunakan. Juga bisa dengan menurunkan resolusi hp ini.
Baca Juga :  Review Sharp Aquos 303sh : Cocok Untuk Main Mobile legend
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *