Enterha.com – Untuk Anda yang saat ini tengah duduk di bangku kelas akhir SLTA baik SMA/SMK/MA, dan berencana melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi, tentunya akan menghadapi rangkaian tes atau ujian yang cukup menguras otak.

Salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang bisa Anda pilih yaitu melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Untuk dapat lolos dalam seleksi ini tentunya bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh, karena Anda akan bersaing dengan seluruh siswa di seluruh Indonesia yang memiliki tujuan yang sama dengan Anda, yaitu melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.

Maka dari itu perlunya persiapan yang benar-benar matang untuk menghadapi SBMPTN agar Anda memiliki peluang yang besar untuk berhasil.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips agar Anda bisa lulus SBMPTN dengan nilai yang maksimal.

Tips Lulus SBMPTN dengan Nilai Maksimal

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi yang diadakan PTN dalam rangka penerimaan mahasiswa baru. Seleksi ini menggunakan soal CBT (Computer Based Test).
Tes pada SBMPTN dibagi dua jenis. Yakni TKPA (Tes Kemampuan Potensi Akademik) didalamnya terdapat tes matematika, bahasa Inggris, kemampuan Verbal, dll.
Yang kedua ada TKD (Tes Kemampuan Dasar). TKD dalam SBMPTN dibagi dua golongan. Yakni TKD SAINTEK (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) serta TKD SOSHUM (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah).
Jika Anda pernah bertanya pada kakak kelas yang pernah mencoba SBMPTN, rata-rata dari mereka mengaku bahwa SBMPTN lebih sukar dari Ujian Nasional. Soal yang muncul benar-benar menguras logika berpikir.
Karena itu, tidak sedikit juga pelajar yang gagal di SBMPTN. Pada akhirnya, mereka harus menunggu SBMPTN tahun depan agar dapat masuk perguruan tinggi negeri.
Namun, saya rasa tidak ada yang sulit selama Anda mau berusaha dan berdo’a. Nah, agar semakin memantapkan keyakinan Anda mengikuti SBMPTN, berikut saya bagikan Tips Lulu SBMPTN untuk Anda semua.

Siapkan Mental

Agar sukses melewati SBMPTN, bukan hanya perlu kemampuan akademik yang mumpuni saja. Namun juga perlu mental yang tangguh dan percaya diri saat mengerjakan soal.
Oleh karena itu, siapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum mengikuti SBMPTN. Kalau bisa, sejak kelas 10/11 saat ada niat mau masuk PTN, Anda sudah siap.
Tanamkan juga mindset bahwa SBMPTN hanyalah pijakan awal menuju perjalanan panjang 3-4 tahun kedepan. Lulus SBMPTN bukan berarti Anda telah sukses, justru itu adalah awal menuju kesuksesan. Kedepanya, masih ada masa perguruan tinggi yang harus dijalani.
Kalaupun Anda gagal dalam SBMPTN tahun ini, itu bukan akhir dari segalanya. Tenang, Anda bisa mencoba kembali tahun depan. Waktu satu tahun tersebut bisa digunakan untuk mencari pekerjaan/magang sambil belajar agar lulus di tahun berikutnya.

Belajar dengan Efektif

Jika bertanya bagaimana cara agar lulus SBMPTN, pasti jawaban yang sering muncul adalah “Belajar yang rajin”. Namun begitu, belajar sekeras apapun akan kurang efektif jika Anda hanya menghapal.
Cobalah pelajari konsep pelajaran, bukan hanya hapalan teori atau rumus saja.
Jangan lupa untuk mempelajari soal-soal dari SBMPTN sebelumnya, yang bisa didownload dari internet. Perhatikan soal yang sering muncul, siapa tau soal tersebut kembali muncul di tahun ini.
Pastikan Anda tau cara/metode efektif untuk mengerjakan soal tersebut.

Ikut Bimbingan Belajar

Saat ini sudah banyak penyedia jasa Bimbel alias Bimbingan Belajar. Tujuanya, untuk memantapkan materi pelajaran di sekolah agar lebih dipahami pelajar.
Biasanya bimbel konvensional diadakan diluar jam sekolah, bertatap muka langsung dengan pengajar. Sedangkan bimbel online menggunakan video/gambar dalam penyampaian materi.
Biasanya, Anda juga bisa bertanya pada pengajar melalui fitur Chat.
Agar penguasaan materi Anda lebih baik, isarankan untuk mengikuti Bimbel. Baik yang online, maupun konvensional.
Namun tetap perlu diingat, bahwa bimbel tidak menjamin Anda lulus. Semua itu kembali pada diri Anda masing-masing.
Jangan lupa untuk terus sharing dengan kakak-kakak yang sudah lulus SBMPTN. Tanyakan bagaimana teknis maupun bentuk soal SBMPTN.

Berdo’a dan Berusaha

Percayalah usaha tidak akan mengingkari hasil. Jika niat dan usaha Anda maksimal, saya yakin akan mendatangkan hasil yang maksimal.
Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa segala sesuatu itu tidak lepas dari kehendak Tuhan, termasuk lulus atau tidaknya Anda selain bergantung pada usaha yang Anda lakukan hal itu juga tidak lepas dari campur tangan Tuhan didalamnya.
Maka dari itu banyak-banyak berdo’a dan meminta kepada Allah SWT. agar Anda senantiasa diberi kemudahan dan kesuksesan untuk melaksanakan SBMPTN.
Baca Juga :  Pentingnya Penididikan Karakter untuk Anak

3 thoughts on “Tips Lulus SBMPTN dengan Nilai Maksimal”

  1. SBMPTN mirip UN gan, bikin tegang. Tapi seringnya sih SBMPTN lulus bila si calon mahasiswa mengambil prodi yang dia minati + sesuai kemampuan dia di bidang logika, sains, dan memecahkan soal-soal. Yang penting sih berdoa, tenang dan optimis

  2. Tips tips yang ada diartikel ini snngat cocok untuk kalian terapkan, karna kita harus mempersiapkan diri dengab matang agar tidak menyesal nantinya. Dan selalu berdoa akan kesuksesan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *